Minggu, 14 Februari 2016

KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN 2015/2016





1. Bahasa Indonesia

Level Kognitif Membaca Nonsastra Membaca Sastra Menulis Terbatas

Pengetahuan dan

Pemahaman

 Mengidentifikasi  Memaknai  Menentukan

Siswa mampu: - memaknai istilah

Siswa mampu: - menentukan kata yang

bermakna

simbolik/majas/ kias

dalam karya sastra

- mengidentifikasi unsur

karya sastra

Siswa mampu: - mengisi dengan istilah

yang tepat sesuai

konteks

Aplikasi  Menangkap informasi

eksplisit  Menginterpretasikan

 Menangkap informasi

implisit  Menggunakan

Siswa mampu: - menemukan ide

pokok

- menyimpulkan isi

tersirat dalam

teks nonsastra

(tujuan, maksud

kalimat,

pandangan

penulis,

keberpihakan,

Siswa mampu: - memaknai isi tersurat

dalam karya sastra

- menyimpulkan isi

tersirat dalam karya

sastra

- menginterpretasikan

hubungan unsur

Siswa mampu: - melengkapi unsur

teks eksposisi - melengkapi unsur

teks deskripsi - melengkapi unsur

teks narasi - melengkapi unsur

karya sastra lama

(pantun) - melengkapi unsur

Menyunting Kata/Istiah,

Frasa, Kalimat, dan

Paragraf

Siswa mampu: - mengidentifikasi

kesalahan penggunaan

kata

- mengidentifikasi

kesalahan penggunaan

konjungsi - mengidentifikasi

kesalahan penggunaan

kalimat

- mengartikan kata

Siswa mampu: - menggunakan istilah

dalam kalimat

- menggunakan kata

bentukan (mengisi sesuai

kaidah bentukan kata)

Menyunting Ejaan dan

Tanda Baca

Siswa mampu: - mengidentifikasi

kesalahan penggunaan

ejaan (judul,

sapaan/gelar, nama

kota, kata depan) - mengidentifikasi

kesalahan penggunaan

tanda baca

Siswa mampu: - menggunakan ejaan

- menggunakan tanda

baca

Level Kognitif Membaca Nonsastra Membaca Sastra Menulis Terbatas

Menyunting Kata/Istiah,

Frasa, Kalimat, dan

Paragraf

Menyunting Ejaan dan

Tanda Baca

Penalaran

 Menunjukkan bukti  Membandingkan

 Menanggapi/

mengomentari  Merefleksi  Mengevaluasi

sebab-akibat) - menemukan inti

kalimat

Siswa mampu: - mengomentari

pendapat yang

terdapat pada

teks

- menunjukkan

bukti dari

simpulan

- menunjukkan

hubungan

antarbagian teks

- meringkas teks

Siswa mampu: - menganalisis

hubungan antarunsur

- menentukan bukti

watak, seting

- mengaitkan isi

dengan kehidupan

saat ini - menilai keunggulan/

kelemahan karya

sastra

- membandingkan pola

karya sastra

(berdasarkan gaya,

tema, unsur) - meringkas isi karya

sastra

ulasan

- melengkapi unsur

teks prosedur

(langkah)

Siswa mampu: - mengurutkan

peristiwa dalam

cerita

- mengurutkan

langkah-langkah

dalam teks

prosedur/petunjuk

- memvariasikan kata

yang bermakna sama

- memvariasikan

kalimat yang

bertujuan sama

- menyusun paragraf

dari beberapa data

- menyusun simpulan

dari beberapa data

Siswa mampu: - memperbaiki kesalahan

penggunaan kalimat

(kalimat rancu, ambigu,

pemborosan, tidak logis,

tidak lengkap) - memperbaiki kesalahan

penggunaan paragraf - memperbaiki kesalahan

penggunaan kata

Siswa mampu: - memperbaiki kesalahan

penggunaan ejaan

- memperbaiki kesalahan

penggunaan tanda baca

2. Bahasa Inggris

Level Kognitif Fungsi Sosial Struktur Teks Unsur Kebahasaan

Pengetahuan dan

Pemahaman

 Mengidentifikasi

Siswa dapat: - Menentukan makna kata/kalimat dalam

teks.

Penerapan

 Menentukan

 Menerapkan

Siswa dapat: - Mengidentifikasi topik/tujuan/ latar

belakang teks esai pendek (descriptive,

procedure, recount, report) - Mengidentifikasi topik/tujuan/latar

belakang teks fungsional

pendek(announcement,letter)

Siswa dapat : - Menentukan penggunaan teks. - Menerapkan fungsi dari setiap langkah/

alat/peristiwa/bagian/aspek yang

disebutkan dalam teks.

Siswa dapat : - Mengidentifikasi langkah/urutan/

alur/plot dari kejadian/peristiwa/

tindakan dalam teks.

Siswa dapat: - Menjelaskan keterkaitan antar langkah

satu dengan yang lainnya dalam teks.

Penalaran

 Menyimpulkan

 Menganalisis

Siswa dapat: - Menentukan ungkapan yang tepat untuk

melengkapi teks dialog tentang: ungkapan

memuji, menawarkan, kegiatan sehari-hari,

saran, persetujuan, kalimat pasif, kalimat

pengandaian, keharusan, rencana yang akan

dating, kejadian yang sedang berlangsung,

kejadian lampau, dan yang mengacu pada

kesudahannya kailmat langsung/tidak

langsung, kejadian waktu lampau, gerunds,

profesi, pilihan tindakan. - Menentukan bentuk gramatika yang tepat

sesuai konteks dalam teks

Siswa dapat : - Menafsirkan kalimat dalam teks.

Siswa dapat: - Menyimpulkan fungsi/ akibat/efek setelah

membaca teks. - Mengasosiasi fungsi teks dengan teks

lainnya dalam kehidupan sosial

Siswa dapat : - Menentukan gagasan utama/informasi

rinci/informasi tersirat dalam teks dialog

, teks esai pendek dan teks fungsional

pendek tsb . - Memprediksi bagian selanjutnya dari

penggalan teks. - Menentukan penutup teks yang logis

3. Matematika Teknik

Level Kognitif Aljabar Geometri dan Trigonometri Statistika dan peluang Kalkulus

Pengetahuan dan

Pemahaman

 Membuat daftar  Mendeskripsikan

 Membuat

tabulasi  Merangkum

 Menginterpretasi  Memprediksi  Mengeksekusi  Menghitung

Aplikasi  Mengklasifikasi  Mengeskperime

n data

 Mengonstruksi  Menyelesaikan

masalah

Siswa dapat memahami dan

menguasai konsep: - pangkat dan logaritma

- fungsi kuadrat

- matriks dan sifat-sifatnya

- sistem persamaan linier dua

variabel

Siswa dapat memahami dan

menguasai konsep: - unsur-unsur bangun ruang

- hubungan antara dua garis

Siswa dapat memahami dan

menguasai konsep: - penyajian data dalam tabel

dan diagram

Siswa dapat memahami dan

menguasai tentang: - grafik fungsi dan sifat- sifatnya

Siswa dapat mengaplikasikan

pengetahuan dan pemahaman

dalam: - sistem persamaan linier dua

ariabel - hasil operasi matriks

- determinan dan invers

- fungsi kuadrat

- barisan dan deret

Siswa dapat mengaplikasikan

pengetahuan dan pemahaman

dalam: - perhitungan perbandingan

trigonometri - menggunakan aturan sinus

dan aturan cosinus

- trigonometri untuk

menghitung luas segitiga

- transformasi yaitu translasi,

refleksi, rotasi dan dilatasi - jarak dua titik, dua garis, dan

bidang

- perhitungan besar sudut

antara dua garis

- perhitungan besar sudut

Siswa dapat mengaplikasikan

pengetahuan dan pemahaman

dalam: - ukuran pemusatan dan

ukuran penyebaran

- aturan pencacahan

- - peluang kejadian

Siswa dapat mengaplikasikan

pengetahuan dan pemahaman

dalam: - perhitungan limit

- perhitungan turunan

fungsi - integral tak tentu

- integral tentu

- selang kemonotonan

(fungsi naik dan fungsi

turun)

Level Kognitif Aljabar Geometri dan Trigonometri Statistika dan peluang Kalkulus

Penalaran

 Mengurutkan/or

der  Menjelaskan

 Membedakan

 Mendapatkan/m

encapai  Mengurutkan/ra

nk  Menyimpulkan

 Menggabungkan

 Merencanakan

 Menyusun

 Mengaktualisasi

Siswa dapat menggunakan nalar

untuk menyelesaikan: - masalah barisan dan deret

- masalah program linier

- unsur dan persamaan

lingkaran

Siswa dapat menggunakan nalar

untuk menyelesaikan: - masalah trigonometri

Siswa dapat menggunakan nalar

untuk menyelesaikan: - masalah statistika

Siswa dapat menggunakan

nalar untuk menyelesaikan: - masalah turunan

- masalah integral

4. Matematika Akuntansi

Level Kognitif Aljabar Geometri Statistic dan peluang

Pengetahuan dan

Pemahaman

 Mengidentifikasi  Menafsirkan data

 Mengklasifikasi data

 Membandingkan

 Menentukan

Aplikasi  Menangkap informasi

implisit  Menemukan ide utama

 Menggunakan

 Menyusun

 Memecahkan masalah

Penalaran

 Menganalisis  mensintesis  Menerapkan gagasan

 Mengorganisasi ide

 Menyimpulkan

 Menjelaskan

 Menyimpulkan

 Menginterpretasikan

Siswa mampu memahami dan

menguasai tentang: - Pangkat dan logaritma

- Fungsi kuadrat

- Matriks dan sifat-sifatnya

- Sistem persamaan linier 2 variabel

Siswa mampu mengaplikasikan tentang: - sistem persamaan linear 2 variabel - operasi matriks

- determinan dan invers matrik

- fungsi kuadrat

- persamaan kuadrat

- barisan dan deret

- program linear

Siswa mampu mengunakan nalar yang

berkaitan dengan: - barisan dan deret

- program linear

Siswa mampu memahami dan menguasai

tentang: - transformasi geometri

Siswa mampu memahami dan menguasai

tentang: - penyajian data dalam tabel dan diagram

Siswa mampu mengaplikasikan tentang: - transformasi geometri

Siswa mampu mengaplikasikan tentang: - ukuran pemusatan dan ukuran

penyebaran

- peluang kejadian

- kaidah pencacahan

Siswa mampu menggunakan nalar yang

berkaitan dengan: - transformasi geometri

Siswa memiliki kemampuan penalaran dalam

menguasai materi tentang: - menyelesaikan masalah statistika

5. Matematika Pariwisata

Level Kognitif Aljabar Geometri dan Trigonometri Statistika dan peluang

Pengetahuan dan

pemahaman

 Mengidentifikasi  Menyebutkan

 Menunjukkan

 Membandingkan

 Menjelaskan

 Mengkatagorikan

 Membedakan

 Memberi contoh

Aplikasi  Menentukan

 Menerapkan

 Memprediksi  Menghubungkan

 Memecahkan masalah

Penalaran

 Menganalisis  Menginterpretasi  Mensintesis  Mengevaluasi  Merumuskan

Siswa mampu memahami dan

menguasai tentang: - operasi bilangan bentuk pangkat,

bentuk akar, dan logaritma

- persamaan kuadrat

- pertidaksamaan linear dua variabel - pola barisan

- suku ke-n barisan dan deret

aritmetika dan geometri - operasi matriks, invers, dan

determinan

Siswa mampu mengaplikasikan

pengetahuan dan pemahaman tentang: - Persamaan dan pertidaksamaan

linear dan kuadrat

- Sistem persamaan linear dua

variabel - Pola barisan dan bilangan

- Suku ke-n barisan dan deret

aritmetika dan geometri - Jumlah n suku barisan dan deret

aritmetika dan geometri

Siswa mampu menggunakan nalar yang

berkaitan dengan: - Nilai optimum

- Barisan dan deret

- Fungsi linear

Siswa mampu memahami dan menguasai

tentang: - transformasi suatu titik atau bangun

datar

- perbandingan trigonometri pada segitiga

siku-siku

- aturan sinus dan kosinus

Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan

dan pemahaman tentang: - perbandingan trigonometri - aturan sinus dan kosinus

- luas segitiga

Siswa mampu menggunakan nalar yang

berkaitan dengan: - aturan sinus atau kosinus

Siswa mampu memahami dan menguasai

tentang: - pengertian statistik, populasi, dan sampel - penyajian data dalam bentuk tabel dan

diagram

- ukuran pemusatan (mean, median, dan

modus) - ukuran letak (kuartil, desil, dan persentil) - ukuran penyebaran (jangkauan, simpangan

rata-rata, varians, dan standar deviasi)

Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan

dan pemahaman tentang: - deskripsi data dalam bentuk tabel,

diagram, dan grafik

- ukuran pemusatan (mean, median, dan

modus) - ukuran letak (kuartil, desil, dan persentil) - ukuran penyebaran (jangkauan, simpangan

rata-rata, varians, dan standar deviasi)

Siswa memiliki kemampuan penalaran dalam

menguasai materi tentang: - deskripsi data dalam bentuk tabel,

diagram, dan grafik

- ukuran pemusatan (mean, median, dan

modus)

Level Kognitif Aljabar Geometri dan Trigonometri Statistika dan peluang  Menyimpulkan  Menjelaskan hubungan

konseptual dan

informasi faktual

0 komentar:

Posting Komentar