1. Bahasa Indonesia
Level Kognitif Membaca Nonsastra Membaca Sastra Menulis Terbatas
Pengetahuan dan
Pemahaman
Mengidentifikasi Memaknai Menentukan
Siswa mampu: - memaknai istilah
Siswa mampu: - menentukan kata yang
bermakna
simbolik/majas/ kias
dalam karya sastra
- mengidentifikasi unsur
karya sastra
Siswa mampu: - mengisi dengan istilah
yang tepat sesuai
konteks
Aplikasi Menangkap informasi
eksplisit Menginterpretasikan
Menangkap informasi
implisit Menggunakan
Siswa mampu: - menemukan ide
pokok
- menyimpulkan isi
tersirat dalam
teks nonsastra
(tujuan, maksud
kalimat,
pandangan
penulis,
keberpihakan,
Siswa mampu: - memaknai isi tersurat
dalam karya sastra
- menyimpulkan isi
tersirat dalam karya
sastra
- menginterpretasikan
hubungan unsur
Siswa mampu: - melengkapi unsur
teks eksposisi - melengkapi unsur
teks deskripsi - melengkapi unsur
teks narasi - melengkapi unsur
karya sastra lama
(pantun) - melengkapi unsur
Menyunting Kata/Istiah,
Frasa, Kalimat, dan
Paragraf
Siswa mampu: - mengidentifikasi
kesalahan penggunaan
kata
- mengidentifikasi
kesalahan penggunaan
konjungsi - mengidentifikasi
kesalahan penggunaan
kalimat
- mengartikan kata
Siswa mampu: - menggunakan istilah
dalam kalimat
- menggunakan kata
bentukan (mengisi sesuai
kaidah bentukan kata)
Menyunting Ejaan dan
Tanda Baca
Siswa mampu: - mengidentifikasi
kesalahan penggunaan
ejaan (judul,
sapaan/gelar, nama
kota, kata depan) - mengidentifikasi
kesalahan penggunaan
tanda baca
Siswa mampu: - menggunakan ejaan
- menggunakan tanda
baca
Level Kognitif Membaca Nonsastra Membaca Sastra Menulis Terbatas
Menyunting Kata/Istiah,
Frasa, Kalimat, dan
Paragraf
Menyunting Ejaan dan
Tanda Baca
Penalaran
Menunjukkan bukti Membandingkan
Menanggapi/
mengomentari Merefleksi Mengevaluasi
sebab-akibat) - menemukan inti
kalimat
Siswa mampu: - mengomentari
pendapat yang
terdapat pada
teks
- menunjukkan
bukti dari
simpulan
- menunjukkan
hubungan
antarbagian teks
- meringkas teks
Siswa mampu: - menganalisis
hubungan antarunsur
- menentukan bukti
watak, seting
- mengaitkan isi
dengan kehidupan
saat ini - menilai keunggulan/
kelemahan karya
sastra
- membandingkan pola
karya sastra
(berdasarkan gaya,
tema, unsur) - meringkas isi karya
sastra
ulasan
- melengkapi unsur
teks prosedur
(langkah)
Siswa mampu: - mengurutkan
peristiwa dalam
cerita
- mengurutkan
langkah-langkah
dalam teks
prosedur/petunjuk
- memvariasikan kata
yang bermakna sama
- memvariasikan
kalimat yang
bertujuan sama
- menyusun paragraf
dari beberapa data
- menyusun simpulan
dari beberapa data
Siswa mampu: - memperbaiki kesalahan
penggunaan kalimat
(kalimat rancu, ambigu,
pemborosan, tidak logis,
tidak lengkap) - memperbaiki kesalahan
penggunaan paragraf - memperbaiki kesalahan
penggunaan kata
Siswa mampu: - memperbaiki kesalahan
penggunaan ejaan
- memperbaiki kesalahan
penggunaan tanda baca
2. Bahasa Inggris
Level Kognitif Fungsi Sosial Struktur Teks Unsur Kebahasaan
Pengetahuan dan
Pemahaman
Mengidentifikasi
Siswa dapat: - Menentukan makna kata/kalimat dalam
teks.
Penerapan
Menentukan
Menerapkan
Siswa dapat: - Mengidentifikasi topik/tujuan/ latar
belakang teks esai pendek (descriptive,
procedure, recount, report) - Mengidentifikasi topik/tujuan/latar
belakang teks fungsional
pendek(announcement,letter)
Siswa dapat : - Menentukan penggunaan teks. - Menerapkan fungsi dari setiap langkah/
alat/peristiwa/bagian/aspek yang
disebutkan dalam teks.
Siswa dapat : - Mengidentifikasi langkah/urutan/
alur/plot dari kejadian/peristiwa/
tindakan dalam teks.
Siswa dapat: - Menjelaskan keterkaitan antar langkah
satu dengan yang lainnya dalam teks.
Penalaran
Menyimpulkan
Menganalisis
Siswa dapat: - Menentukan ungkapan yang tepat untuk
melengkapi teks dialog tentang: ungkapan
memuji, menawarkan, kegiatan sehari-hari,
saran, persetujuan, kalimat pasif, kalimat
pengandaian, keharusan, rencana yang akan
dating, kejadian yang sedang berlangsung,
kejadian lampau, dan yang mengacu pada
kesudahannya kailmat langsung/tidak
langsung, kejadian waktu lampau, gerunds,
profesi, pilihan tindakan. - Menentukan bentuk gramatika yang tepat
sesuai konteks dalam teks
Siswa dapat : - Menafsirkan kalimat dalam teks.
Siswa dapat: - Menyimpulkan fungsi/ akibat/efek setelah
membaca teks. - Mengasosiasi fungsi teks dengan teks
lainnya dalam kehidupan sosial
Siswa dapat : - Menentukan gagasan utama/informasi
rinci/informasi tersirat dalam teks dialog
, teks esai pendek dan teks fungsional
pendek tsb . - Memprediksi bagian selanjutnya dari
penggalan teks. - Menentukan penutup teks yang logis
3. Matematika Teknik
Level Kognitif Aljabar Geometri dan Trigonometri Statistika dan peluang Kalkulus
Pengetahuan dan
Pemahaman
Membuat daftar Mendeskripsikan
Membuat
tabulasi Merangkum
Menginterpretasi Memprediksi Mengeksekusi Menghitung
Aplikasi Mengklasifikasi Mengeskperime
n data
Mengonstruksi Menyelesaikan
masalah
Siswa dapat memahami dan
menguasai konsep: - pangkat dan logaritma
- fungsi kuadrat
- matriks dan sifat-sifatnya
- sistem persamaan linier dua
variabel
Siswa dapat memahami dan
menguasai konsep: - unsur-unsur bangun ruang
- hubungan antara dua garis
Siswa dapat memahami dan
menguasai konsep: - penyajian data dalam tabel
dan diagram
Siswa dapat memahami dan
menguasai tentang: - grafik fungsi dan sifat- sifatnya
Siswa dapat mengaplikasikan
pengetahuan dan pemahaman
dalam: - sistem persamaan linier dua
ariabel - hasil operasi matriks
- determinan dan invers
- fungsi kuadrat
- barisan dan deret
Siswa dapat mengaplikasikan
pengetahuan dan pemahaman
dalam: - perhitungan perbandingan
trigonometri - menggunakan aturan sinus
dan aturan cosinus
- trigonometri untuk
menghitung luas segitiga
- transformasi yaitu translasi,
refleksi, rotasi dan dilatasi - jarak dua titik, dua garis, dan
bidang
- perhitungan besar sudut
antara dua garis
- perhitungan besar sudut
Siswa dapat mengaplikasikan
pengetahuan dan pemahaman
dalam: - ukuran pemusatan dan
ukuran penyebaran
- aturan pencacahan
- - peluang kejadian
Siswa dapat mengaplikasikan
pengetahuan dan pemahaman
dalam: - perhitungan limit
- perhitungan turunan
fungsi - integral tak tentu
- integral tentu
- selang kemonotonan
(fungsi naik dan fungsi
turun)
Level Kognitif Aljabar Geometri dan Trigonometri Statistika dan peluang Kalkulus
Penalaran
Mengurutkan/or
der Menjelaskan
Membedakan
Mendapatkan/m
encapai Mengurutkan/ra
nk Menyimpulkan
Menggabungkan
Merencanakan
Menyusun
Mengaktualisasi
Siswa dapat menggunakan nalar
untuk menyelesaikan: - masalah barisan dan deret
- masalah program linier
- unsur dan persamaan
lingkaran
Siswa dapat menggunakan nalar
untuk menyelesaikan: - masalah trigonometri
Siswa dapat menggunakan nalar
untuk menyelesaikan: - masalah statistika
Siswa dapat menggunakan
nalar untuk menyelesaikan: - masalah turunan
- masalah integral
4. Matematika Akuntansi
Level Kognitif Aljabar Geometri Statistic dan peluang
Pengetahuan dan
Pemahaman
Mengidentifikasi Menafsirkan data
Mengklasifikasi data
Membandingkan
Menentukan
Aplikasi Menangkap informasi
implisit Menemukan ide utama
Menggunakan
Menyusun
Memecahkan masalah
Penalaran
Menganalisis mensintesis Menerapkan gagasan
Mengorganisasi ide
Menyimpulkan
Menjelaskan
Menyimpulkan
Menginterpretasikan
Siswa mampu memahami dan
menguasai tentang: - Pangkat dan logaritma
- Fungsi kuadrat
- Matriks dan sifat-sifatnya
- Sistem persamaan linier 2 variabel
Siswa mampu mengaplikasikan tentang: - sistem persamaan linear 2 variabel - operasi matriks
- determinan dan invers matrik
- fungsi kuadrat
- persamaan kuadrat
- barisan dan deret
- program linear
Siswa mampu mengunakan nalar yang
berkaitan dengan: - barisan dan deret
- program linear
Siswa mampu memahami dan menguasai
tentang: - transformasi geometri
Siswa mampu memahami dan menguasai
tentang: - penyajian data dalam tabel dan diagram
Siswa mampu mengaplikasikan tentang: - transformasi geometri
Siswa mampu mengaplikasikan tentang: - ukuran pemusatan dan ukuran
penyebaran
- peluang kejadian
- kaidah pencacahan
Siswa mampu menggunakan nalar yang
berkaitan dengan: - transformasi geometri
Siswa memiliki kemampuan penalaran dalam
menguasai materi tentang: - menyelesaikan masalah statistika
5. Matematika Pariwisata
Level Kognitif Aljabar Geometri dan Trigonometri Statistika dan peluang
Pengetahuan dan
pemahaman
Mengidentifikasi Menyebutkan
Menunjukkan
Membandingkan
Menjelaskan
Mengkatagorikan
Membedakan
Memberi contoh
Aplikasi Menentukan
Menerapkan
Memprediksi Menghubungkan
Memecahkan masalah
Penalaran
Menganalisis Menginterpretasi Mensintesis Mengevaluasi Merumuskan
Siswa mampu memahami dan
menguasai tentang: - operasi bilangan bentuk pangkat,
bentuk akar, dan logaritma
- persamaan kuadrat
- pertidaksamaan linear dua variabel - pola barisan
- suku ke-n barisan dan deret
aritmetika dan geometri - operasi matriks, invers, dan
determinan
Siswa mampu mengaplikasikan
pengetahuan dan pemahaman tentang: - Persamaan dan pertidaksamaan
linear dan kuadrat
- Sistem persamaan linear dua
variabel - Pola barisan dan bilangan
- Suku ke-n barisan dan deret
aritmetika dan geometri - Jumlah n suku barisan dan deret
aritmetika dan geometri
Siswa mampu menggunakan nalar yang
berkaitan dengan: - Nilai optimum
- Barisan dan deret
- Fungsi linear
Siswa mampu memahami dan menguasai
tentang: - transformasi suatu titik atau bangun
datar
- perbandingan trigonometri pada segitiga
siku-siku
- aturan sinus dan kosinus
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan
dan pemahaman tentang: - perbandingan trigonometri - aturan sinus dan kosinus
- luas segitiga
Siswa mampu menggunakan nalar yang
berkaitan dengan: - aturan sinus atau kosinus
Siswa mampu memahami dan menguasai
tentang: - pengertian statistik, populasi, dan sampel - penyajian data dalam bentuk tabel dan
diagram
- ukuran pemusatan (mean, median, dan
modus) - ukuran letak (kuartil, desil, dan persentil) - ukuran penyebaran (jangkauan, simpangan
rata-rata, varians, dan standar deviasi)
Siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan
dan pemahaman tentang: - deskripsi data dalam bentuk tabel,
diagram, dan grafik
- ukuran pemusatan (mean, median, dan
modus) - ukuran letak (kuartil, desil, dan persentil) - ukuran penyebaran (jangkauan, simpangan
rata-rata, varians, dan standar deviasi)
Siswa memiliki kemampuan penalaran dalam
menguasai materi tentang: - deskripsi data dalam bentuk tabel,
diagram, dan grafik
- ukuran pemusatan (mean, median, dan
modus)
Level Kognitif Aljabar Geometri dan Trigonometri Statistika dan peluang Menyimpulkan Menjelaskan hubungan
konseptual dan
informasi faktual
sumber : ww.akademik.smkn1batam.sch.id
0 komentar:
Posting Komentar